Tips Membersihkan Dapur ala Milenial

Seni Membersihkan Dapur

tips membersihkan dapur ala milenial

Illustrasi oleh Abbey Lossing

Mungkin banyak dari kalian yang bakal setuju kalau memasak di dapur itu seru. Tapi gimana kalau membersihkan dapur rumahmu? Males banget kan? Padahal dapur yang kotor dan terus dibiarkan bisa menjadi sarang bakteri dan tentunya penyebab bau tidak sedap. Kali ini SSR mau membagikan tips praktis untuk membersihkan dapur agar kamu bisa lebih termotivasi.

Sebenarnya dapur itu simpel kok. Kalau kamu membiasakan diri untuk mengelap seluruh permukaan yang ada sehabis makan, memperhatikan isi kulkasmu, dan mencuci seluruh peralatan makan yang sudah dipakai-dengan melakukan 3 hal itu aja sebenarnya kamu sudah membiasakan diri untuk menjaga dapur tetap bersih.

Cuci Peralatan Makan Secara Teratur

Jika kamu tipe orang yang terbiasa untuk menunda mencuci piring sehabis makan sehingga wastafel dapurmu penuh dengan cucian yang menumpuk, coba lakukan tes sederhana : Selama beberapa hari, pasang timer di hapemu ketika kamu mulai mencuci peralatan makan. Kamu akan kaget bahwa sebenarnya mencuci piring makanmu itu tidak akan memakan waktu lama. Setelah kamu tahu kalau cucian seusai makan hanya memakan waktu 90 detik, tidak ada alasan bagimu untuk menuda lagi.

Bagaimana membersihkan panci yang gosong : Untuk membersihkan sisa gosong di bagian bawah panci tanpa harus menggosoknya dengan amplas (dan berisiko membuat kulit halusmu terluka), taburi bagian yang gosong tersebut dengan baking soda sebanyak mungkin. Kemudian oleskan bagian yang sudah ditaburi dengan baking soda tersebut dengan sedikit air panas (cukup untuk membuat baking soda larut, namun tetap kental sehingga bisa menempel di bagian yang gosong). Tunggu 5 menit. Kemudian ambil busa cuci porong dan gosok dengan perlahan. Voila.

Bersihkan Wastafel Dapurmu

Wastafel dapur, terutama keran airnya dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan semprotan pembersih dapur serbaguna. Dan YES, kamu sebaiknya membersihkan keran air secara teratur. Bagaimanapun ini adalah bagian dapur yang sering kamu sentuh setelah kamu memegang daging mentah, makanan sisa atau berbagai sumber tidak higienis lainnya.

Busa/Spon juga sebaiknya dibersihkan secara teratur. Kamu membersihkannya secara tradisional layaknya mencuci baju yaitu dengan menguceknya secara lembut dengan sabun dan air. Cara lainnya yang lebih modern adalah dengan menggunakan microwave (hanya untuk spon/busa yang tidak mengandung logam). Basahi busa dengan air sebanyak mungkin, masukkan microwave selama 2 menit, setelah selesai, perhatikan ketika mengeluarkannya karena busa pasti dalam keadaan panas.

Jangan lupakan baki tempatmu menyimpan spon juga. Karena baki ini senantiasa dalam keadaan basah, sudah pasti akan tumbuh jamur atau bakteri bila tidak dibersihkan secara teratur. Caranya mudah kok, ambil cuka di dapur dan gosokkan saja (menggunakan spon atau sikat gigi) untuk menghilangkan jamur atau kerak di dalamnya. Kemudian bilas dengan air sabun.

Bersihkan Permukaan

Lap meja dapur dan kompor dengan pembersih dapur serbaguna setiap kali habis dipakai. Permukaan kompor terutama sangatlah penting untuk dibersihkan secara teratur untuk mencegah kerak akibat percikan minyak. Apalagi sisa kotoran di kompor dapat mengeras dengan cepat akibat terpapar dari panas.

Bagaimana cara membersihkan kompor: Kerak atau noda dalam kompor biasanya sudah amat keras, oleh karena itu kamu akan membutuhkan busa yang lebih keras juga seperti Dobie Pad, atau busa lain yang tidak menimbulkan bekas goresan. Gunakan baking soda juga bila diperlukan.

Bagaimana membersihkan perlengkapan dapur lainnya:Permukaan dari perlengkapan dapur lainnya seperti toaster, oven, dan blender juga wajib dibersihkan secara teratur dengan pembersih dapur serbaguna. Bila kamu berniat membersihkan secara lebih menyeluruh, lepaskan bagiannya satu persatu dan cuci sampai bersih. Bila kamu menemukan rongga kecil yang tidak bisa dilepas, gunakan korek telinga (yang sudah dibasahi dengan pembersih serbaguna) untuk menjangkau posisi yang susah.

Perhatikan Isi Kulkasmu

Cara yang paling mudah untuk mengetahui isi kulkasmu adalah dengan menambahkan satu hal kecil dalam rutinitas membuang sampahmu:

Ketika mau membuang sampah, buka kulkasmu dan lihat isinya. Apakah ada makanan tersisa yang sudah terlihat busuk? Langsung buang. Apakah ada buah atau sayur yang terlihat basah? Segera buang. Apakah susu yang minggu lalu kamu beli sudah kadaluarsa? Setidaknya dengan begini, kamu juga bisa menghindari membuang makanan sebelum terlambat.

Bagaimana membersihkan sisa tumpahan dalam kulkas:Ketika ada tumpahan yang lengket (atau saya biasanya menggunakan bahasa “pliket”), kamu bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan spon yang dibasahi dengan air hangat. Bila ada bagian yang masih membandel, coba gunakan air yang lebih panas (hati-hati tanganmu) dan tutup bagian tersebut dengan spon hingga bagian yang panas sedikit demi sedikit terasa dingin dan setelah itu gosok perlahan. Ketika membersihkan kulkas, perhatikan agar kamu tidak menekan terlalu kuat karena umumnya rak kulkas terbuat dari plastik.

Buang sampahmu secara teratur

Faktanya : Waktu tidak akan membuat dapurmu menjadi bersih. Jadi bersihkan dapurmu dengan segara agar kamu bisa bersantai tanpa ada perasaan bersalah.

Tentu saja jika kamu tidak punya waktu, kami dari SSR Cleaning Service menyediakan layanan general cleaning yang siap membantu membersihkan dapur dengan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *