Periode Pencucian Tandon Ideal

Gambar 1: Tandon air yang sudah lama tidak dibersihkan

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan kami adalah, “berapa lama sekali tandon sebaiknya dibersihkan?”.

Meski terdengar simpel, namun pertanyaan tersebut tidak mudah dijawab.

Tentu semakin sering dibersihkan, tandon akan menjadi lebih bersih dan akan lebih aman dan sehat bagi penghuni rumah, namun tentunya hal tersebut berbanding lurus pula terhadap biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.

Selain itu, jumlah penggunaan air juga berpengaruh terhadap periode pencucian tandon optimal. Tentunya rumah tangga atau bangunan yang mengkonsumsi air dalam jumlah besar wajib untuk dicuci lebih sering dibanding bangunan dengan penggunaan air tandon yang minimal.

Namun berdasarkan pengalaman kami, periode ideal pencucian tandon adalah :

Jenis Periode Pencucian
Rumah Tangga (2 orang) 6 bulan sekali
Rumah Tangga (4 orang) 5 bulan sekali
Rumah Tangga (6 orang) 4 bulan sekali
Kos-kosan 3 bulan sekali
Kantor 4 bulan sekali
Restoran/Rumah Makan 2 bulan sekali
Klinik/Dokter 1 bulan sekali

Angka diatas berlaku baik untuk tandon bawah ataupun tandon atas yang berbahan plastik atau fiber. Khusus untuk tandon atas berbahan stainless, umumnya lebih sulit untuk kotor sehingga periode pencucian bisa ditunda sekitar 3-4 bulan. Jadi pada rumah tangga berisi 4 orang, bila mereka menggunakan tandon plastik, idealnya dicuci setiap 5 bulan sekali, namun bila menggunakan tandon stainless, dapat dicuci setiap 8 bulan sekali.

Namun sekali lagi, ini hanyalah angka kasar saja. Tak jarang kami menemui perumahan yang sumber airnya memang kurang bersih, bahkan baru 2 bulan dibersihkan, sudah terdapat banyak lumut dan pasir. Dalam kasus tersebut, maka idealnya customer wajib memasang filter air dan tentunya tetap diikuti dengan membersihkan tandon air secara berkala.

Risiko Menunda Membersihkan Tandon

Terkadang, karena suatu sebab, mungkin karena kesibukan, atau lupa, kita tidak menyempatkan untuk membersihkan tandon rumah secara berkala. Apakah ada risikonya?

Tentu saja ada.

Gambar 2 : Tandon yang penuh lumut

Mungkin ada baiknya kita mengetahui apa saja yang terjadi di dalam tandon air kita:

  1. Air dari PDAM tidak benar-benar bersih. Terkadang mengandung spora dari tumbuhan. Spora ini, berkat bantuan dari panas sinar matahari dapat berkembang hingga pada akhirnya membentuk lumut di dinding tandon.
  2. Selain itu, kadang karena berbagai faktor, tandon menjadi tempat berkembang biak hewan yang tidak diinginkan, seperti nyamuk dengue, cacing, kelabang, kodok, dll.
  3. Ada bagian pada tandon yang umumnya tidak menyentuh air, namun karena berada di tempat lembab, dapat menimbulkan jamur. Tandon air yang mengandung jamur dapat menyebabkan alergi pada pengguna airnya.
  4. Baik dari sumber air pdam, atau kebocoran, atau penempatan tandon yang rendah terkadang dapat menyebabkan debu atau pasir masuk ke dalam tandon, bila dibiarkan, pasir yang mengendap dapat membentuk gumpalan yang terlihat seperti lumpur.
  5. Keempatnya, bila dibiarkan akan menjadi sarang bagi berkembangnya bakteri dalam tandon air.

Dari sini, kita dapat mengetahui bahwa tandon air kita memang rentan untuk dimasuki berbagai mikroorganisme yang dapat berakibat negatif terhadap kesehatan seluruh penghuni rumah.

Manfaat dari Pencucian Tandon

Pencucian tandon bukan hanya mengganti air dalam tandon dari air kotor menjadi air bersih, namun juga membersihkan seluruh zat dan mikroorganisme yang dapat merugikan kesehatan kita. Mengganti air saja percuma. Bila tandon masih kotor, maka air PDAM baru yang masuk juga akan ikut menjadi kotor dalam waktu singkat.

Namun membersihkan tandon pun ada caranya.

Seringkali orang menganggap bahwa membersihkan tandon cukup dengan menggosok dinding permukaan tandon. Memang dengan cara itu, tandon terlihat bersih karena kerak atau lumut kelihatannya sudah hilang. Namun sebenarnya, mikroorganisme yang terdapat pada air akan tetap tertinggal.

Itulah sebabnya ketika anda menggunakan jasa kuras tandon dari pihak yang tidak professional, meski tandon sudah terlihat bersih, namun 1-2 bulan kemudian tandon kembali terlihat kotor.

Gambar 3 : Tandon yang dibersihkan secara professional

Ada harga ada kualitas.

Sebagai penyedia layanan kebersihan professional, kami selalu menggunakan chemical dengan formula yang sesuai standar komersial, termasuk bahkan dalam membersihkan tandon. Chemical yang kami gunakan bukan hanya dapat membunuh seluruh mikroorganisme, namun dapat mencegah pembentukan lumut hingga selama 2 bulan.

Oleh karena itu, tandon anda bukan hanya terlihat bersih, namun juga benar-benar bersih dan akan tetap bersih lebih lama.

Sudah siap berencana membersihkan tandon?

Buat anda yang di Surabaya, kami SSR Cleaning Service siap membantu.

Hubungi kami di nomor :

0878-5333-0475